Pada hari Senin, 20 Juli 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang yang diwakili Plt. Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi mengikuti video conference (vidcon) via aplikasi Zoom untuk Batch II yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN dan RB. Topik vidcon tersebut adalah Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Data F-01 SIPP.

Bimtek secara online ini merupakan proses awal diseminasi evaluasi pelayanan publik yang akan dilaksanakani pada tahun 2020. Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kemenpan dan RB selaku pelaksana kegiatan menampilkan narasumber-narasumber yang menjelaskan terkait kebijakan umum, instrument indeks pelayanan publik dan teknis pengisian Form-01 melalui website yang telah disediakan.

Pada tahun ini unit pelayanan publik (UPP) yang dievaluasi sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tidak akan diikutsertakan. Pertimbangan ini didasarkan pada kondisi adanya pandemi COVID-19 yang masih terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di negara kita. Kebijakan lain yang ditiadakan adalah tidak diselenggarakannya acara seremonial pemberian penghargaan kepada UPP terbaik sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya penularan COVID-19.

UPP di tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang akan dievaluasi pada tahun ini adalah Disdukcapil dan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu SAtu Pintu (DPMPTSP) di 11 provinsi dan 67 kabupaten/kota. Kemenpan dan RB dalam melakukan evaluasi ke daerah akan bekerja sama dengan Biro Organisasi pada masing-masing Provinsi dan menurut rencana jadwal pelaksanaan adalah dimulai bulan Agustus s.d. November 2020.