Petugas Pencatat Perkawinan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang melakukan proses pencatatan perkawinan penduduk Kota Magelang secara online pada hari Senin, 20 Juli 2020. Pencatatan dilakukan dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi video call. Proses ini dilakukan mengingat kedua calon mempelai tidak bisa hadir di kantor Disdukcapil Kota Magelang karena berada di luar kota (Jakarta) dan kendala untuk datang karena adanya pandemi COVID-19.

Sebelum proses pencatatan oleh Disdukcapil, kedua calon pasangan pengantin telah mengikuti proses pernikahan yang dilakukan oleh pemuka agama mereka, yaitu oleh pendeta di gereja dan memenuhi semua persyaratan administrasi yang telah ditetapkan.

Selanjutnya dokumen kutipan akta perkawinan yang telah diterbitkan disampaikan kepada keluarga mempelai melalui jasa pengiriman dari PT Posindo Cabang Magelang yang telah melakukan kerja sama dengan Disdukcapil Kota Magelang.

Proses pencatatan perkawinan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya pernah dilakukan pada tanggal 20 Mei 2020 yang lalu. Inovasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat tanpa mengabaikan kelengkapan persyaratan administrasi yang sudah ditetapkan dalam standar pelayanan.