Hari Kamis, 10 Oktober 2024 Disdukcapil Kota Magelang menerima kunjungan dari Tim Pakar Direktorat Bina Aparatur Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirbintur Ditjendukcapil Kemendagri) yang dipimpin oleh Dra. Wiwik Roso Sri Rejeki, M.AP. Tim diterima oleh Pjs. Walikota Magelang Ahmad Aziz, S.E., M.Si. bersama Sekda Kota Magelang Hamzah Kholifi, S.Sos, M.M. dan Kepala Disdukcapil RR. Sri Mulatsih, S.E., M.Si.

Maksud dan tujuan kunjungan tim diungkapkan oleh Wiwik, yaitu dalam rangka mengumpulkan saran dan masukan dari Kota Magelang terkait rencana pelaksanaan survei kepuasan masyarakat (SKM) bagi unit pelayanan adminduk seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Kota Magelang merupakan salah satu lokus pilot project dari 15 kabupaten/kota terpilih se Indonesia.

Pada sambutan penerimaan tim, Aziz menggarisbawahi bahwa pelayanan publik, termasuk pelayanan adminduk, merupakan salah satu aspek yg sangat diperhatikan oleh Pemerintah Kota Magelang. Semua pelayanan didorong untuk senantiasa ditingkatkan kualitasnya dalam rangka membahagiakan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut Kota Magelang juga telah menyediakan fasilitas Mal Pelayanan Publik (MPP) agar warga masyarakat bisa mengakses layanan pada satu lokasi.

Pada kesempatan tersebut Sri Mulatsih memaparkan bahwa pelaksanaan SKM di Disdukcapil Kota Magelang telah dilaksanakan mandiri sejak tahun 2022 dengan mengacu pada regulasi yang ada yaitu Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. “Bagian Organisasi Setda mendorong seluruh unit pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Magelang untuk dapat melakukan SKM secara mandiri dan melaporkan hasilnya secara berkala dan akan diteruskan ke Kemenpan RB,” tambahnya.

Tim Dirbintur mengumpulkan dan menginventaris saran-saran yang disampaikan pada kesempatan tersebut dan akan digabungkan dengan saran-saran dari daerah lain sebagai acuan dan bahan masukan sebelum diimplementasikannya pelaksanaan SKM Dukcapil pada tahun depan.