Disdukcapil Kota Magelang dengan meluncurkan program SI BULAN (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran). Program inovasi ini merupakan sebuah program yang dijalankan dengan melakukan kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang dengan rumah sakit yang berada dikawasan Kota Magelang. Mekanisme pelayanan ini dilakukan dengan jemput bola, dimana ketika keluarga usai kelahiran buah hati akan di sempurnakan dengan diberikannya Akta Kelahiran.

Melalui hubungan kerjasama ini dapat membuat hubungan simbiosis mutualisme antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang dan pihak rumah sakit. Disdukcapil dapat meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan paling mutakhir berupa Akta Kelahiran, KIA dan KK baru bagi keluarga. Sedangkan rumah sakit akan mempunyai nilai tambah berupa, memberikan layanan tambahan pengurusan dokumen kependudukan secara gratis kepada pasiennya.

Persyaratan mutlak yang harus dipenuhi terkait pelayanan ini adalah bagi pihak keluarga sudah harus menyiapkan nama bagi anak yang baru lahir, karena nantinya akan diinput oleh petugas rumah sakit melalui layanan online dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang. Apabila sudah didaftarkan secara online maka akan diproses penerbitan akta kelahirannya dan setelah dicetak akan diantarkan ke rumah sakit. Sedangkan syarat lainnya adalah fotokopi KTP orang tua, buku nikah dan KK asli yang dilengkapi pengantar RT/RW karenan anak yang baru lahir belum terdata dalam database kependudukan. Persyaratan ini akan ditukar pada saat akta kelahiran yang tercetak diserahkan oleh petugas Disdukcapil kepada rumah sakit dan diteruskan kepada keluarga atau ibu yang bersalin.